Jumat, 19 April 2013

cara membuat parfum dari bahan alami


PEMBUATAN PARFUM ALAMI

Cara Membuat Parfum
Sejak awal sejarah tercatat, manusia telah berusaha untuk menutupi atau meningkatkan bau mereka sendiri dengan menggunakan parfum, bau yang mengemulasi menyenangkan alam. Bahan alami dan buatan manusia telah banyak digunakan untuk membuat parfum untuk diterapkan pada kulit dan pakaian, untuk dimasukkan ke dalam pembersih dan kosmetik, atau aroma udara. Karena perbedaan dalam kimia tubuh, suhu, dan bau badan, parfum tidak akan mencium persis sama pada setiap dua orang.
Parfum berasal dari bahasa Latin yang berarti “per” “melalui” dan “fumum,” atau “asap.” Parfum kuno dibuat dengan mengekstraksi minyak alami dari tanaman melalui menekan dan mengukus. Minyak ini kemudian dibakar untuk mengharumkan udara. Saat ini, parfum paling digunakan untuk aroma sabun. Beberapa produk bahkan wangi dengan aroma industri untuk menutupi bau tak sedap atau muncul “wewangian.”
Sementara cairan harum digunakan untuk tubuh sering dianggap parfum, parfum yang benar didefinisikan sebagai ekstrak atau esens dan mengandung persentase minyak disuling dalam alkohol. Air juga digunakan. Amerika Serikat adalah pasar parfum terbesar di dunia dengan penjualan tahunan sebesar beberapa miliaran dolar.
Sejarah
Menurut Alkitab, Tiga Orang Majus mengunjungi bayi Yesus membawa mur dan kemenyan. Mesir Kuno membakar korban disebut Kyphi-terbuat dari pacar, mur, kayu manis, dan juniper-sebagai persembahan religius. Mereka direndam kayu aromatik, gusi, dan resin dalam air dan minyak dan cairan yang digunakan sebagai body lotion harum. Orang-orang Mesir awal juga wangi mati mereka dan sering ditugaskan wewangian khusus untuk dewa. Kata-kata mereka untuk parfum telah diterjemahkan sebagai “aroma para dewa.” Dikatakan bahwa Islam nabi Muhammad menulis, “Parfum adalah makanan yang membangunkan kembali roh.”
Wewangian Akhirnya Mesir dipengaruhi orang Yunani dan Romawi. Selama ratusan tahun setelah kejatuhan Roma, parfum terutama seni Oriental. Hal ini menyebar ke Eropa ketika abad ke-13 Tentara Salib dibawa kembali sampel dari Palestina ke Inggris, Perancis, dan Italia. Eropa menemukan sifat penyembuhan dari aroma selama abad ke-17. Dokter yang merawat korban wabah tertutup mulut dan hidung mereka dengan kantong kulit memegang cengkeh pedas, kayu manis, dan rempah-rempah yang mereka pikir akan melindungi mereka dari penyakit.
Parfum kemudian mulai dipakai luas di kalangan monarki. Raja Prancis Louis XIV menggunakannya sehingga ia disebut “raja parfum.” Pengadilan-Nya yang terkandung sebuah paviliun bunga penuh dengan wewangian, dan bunga kering ditempatkan di mangkuk seluruh istana untuk menyegarkan udara. Tamu kerajaan bermandikan susu kambing dan kelopak mawar. Pengunjung sering disiram dengan parfum, yang juga disemprotkan pada pakaian, perabot, dinding, dan peralatan makan. Ia saat ini bahwa Grasse, sebuah wilayah selatan Perancis di mana varietas berbunga banyak tanaman tumbuh, menjadi produsen utama parfum.
Sementara itu, di Inggris, aromatik yang terkandung dalam loket dan kepala hampa tongkat untuk mengendus oleh pemiliknya. Tidak sampai akhir 1800-an, ketika bahan kimia sintetik yang digunakan, bahwa parfum dapat massa dipasarkan. Parfum sintetis pertama adalah nitrobenzena, terbuat dari asam nitrat dan benzena. Campuran sintetis menebarkan bau almond dan sering digunakan untuk sabun aroma. Pada tahun 1868, Inggris William Perkin disintesis kumarin dari Amerika Selatan Tonka kacang untuk menciptakan aroma yang berbau seperti jerami yang baru ditaburkan. Ferdinand Tiemann dari Universitas Berlin dibuat violet sintetis dan vanili. Di Amerika Serikat, Francis Despard Dodge menciptakan sitronelol-alkohol dengan mawar-seperti bau dengan melakukan percobaan dengan serai, yang berasal dari minyak sereh dan memiliki bau lemon seperti. Dalam berbagai variasi, ini senyawa sintetis mengeluarkan aroma kacang manis, lily lembah, bakung, dan gondok.
Sama seperti seni wewangian berkembang selama berabad-abad, begitu pula seni dari botol parfum. Botol parfum sering sebagai rumit dan eksotis sebagai minyak mereka mengandung. Spesimen paling awal tanggal kembali ke sekitar 1000 SM Di Mesir kuno, botol kaca baru diciptakan yang dibuat sebagian besar untuk menahan parfum. Kerajinan dari botol parfum menyebar ke Eropa dan mencapai puncaknya di Venesia pada abad ke-18, ketika wadah kaca diasumsikan berbentuk binatang kecil atau memiliki adegan pastoral dilukis pada mereka. Hari ini botol parfum yang dirancang oleh produsen untuk mencerminkan karakter bagian dalam aroma, apakah cahaya dan bunga-bunga atau gelap dan musky.
Bahan Baku
Alam bahan-bunga, rumput, rempah-rempah, buah, kayu, akar, resin, balsam, daun, gusi, dan hewan-sekresi serta sumber daya seperti alkohol, petrokimia, batubara, dan ter batubara digunakan dalam pembuatan parfum. Beberapa tanaman, seperti bunga bakung dari lembah, tidak menghasilkan minyak alami. Bahkan, hanya sekitar 2.000 dari 250.000 spesies tanaman berbunga yang dikenal mengandung minyak esensial. Oleh karena itu, bahan kimia sintetis harus digunakan untuk kembali membuat bau non-berminyak zat. Sintetis juga membuat aroma asli tidak ditemukan di alam.
Beberapa bahan parfum adalah produk hewani. Misalnya, jarak berasal dari berang-berang, musk dari rusa jantan, dan ambergris dari paus sperma. Hewan zat yang sering digunakan sebagai fixatives yang memungkinkan parfum menguap perlahan dan memancarkan bau lagi. Fixatives lainnya termasuk tar batubara, lumut, resin, atau bahan kimia sintetis. Alkohol dan kadang-kadang air yang digunakan untuk mencairkan bahan dalam parfum. Ini adalah rasio dari alkohol untuk aroma yang menentukan apakah parfum adalah “eau de toilette” (air toilet) atau cologne.
Manufaktur
Proses
Koleksi
* 1 Sebelum proses pembuatan dimulai, bahan awal harus dibawa ke pusat manufaktur. Zat tumbuhan yang dipanen dari seluruh dunia, sering tangan-dipilih untuk aroma mereka. Produk hewani diperoleh dengan mengekstraksi zat lemak langsung dari hewan. Bahan kimia aromatik yang digunakan dalam parfum sintetis dibuat di laboratorium oleh ahli kimia parfum.
Pencabutan
Minyak yang diekstrak dari zat tumbuhan dengan beberapa metode: distilasi uap, ekstraksi pelarut, enfleurage, maserasi, dan ekspresi.
* 2 Dalam destilasi uap, uap dilewatkan melalui bahan tanaman diadakan di sebuah masih, dimana minyak esensial berubah menjadi gas. Gas ini kemudian dilewatkan melalui tabung, didinginkan, dan cair. Minyak juga dapat diekstraksi oleh zat tumbuhan mendidih seperti kelopak bunga dalam air, bukan uap mereka.
* 3 Di bawah ekstraksi pelarut, bunga yang dimasukkan ke dalam tangki besar atau drum berputar dan benzene atau petroleum eter dituangkan di atas bunga-bunga, mengekstraksi minyak esensial. Bagian-bagian bunga larut dalam pelarut dan meninggalkan bahan lilin yang berisi minyak, yang kemudian ditempatkan di etil alkohol. Minyak larut dalam alkohol dan naik. Panas digunakan untuk menguapkan alkohol, yang sekali sepenuhnya dibakar, daun konsentrasi yang lebih tinggi dari minyak parfum di bagian bawah.
Minyak yang diekstrak dari zat tumbuhan oleh disfillation uap, ekstraksi pelarut, enfleurage, maserasi, atau ekspresi.
Oils are extracted from plant substances by steam disfillation, solvent extraction, enfleurage, maceration, or expression.
Minyak yang diekstrak dari zat tumbuhan oleh disfillation uap, ekstraksi pelarut, enfleurage, maserasi, atau ekspresi.
* Selama 4 enfleurage, bunga tersebar pada lembar kaca dilapisi dengan minyak. Lembar kaca ditempatkan antara frame kayu di tingkatan. Kemudian bunga-bunga dihapus dengan tangan dan berubah sampai grease telah menyerap aroma mereka.
* 5 Maserasi mirip dengan enfleurage kecuali bahwa lemak hangat digunakan untuk menyerap bau bunga. Seperti dalam ekstraksi pelarut, pelumas dan lemak dilarutkan dalam alkohol untuk mendapatkan minyak esensial.
* 6 Ekspresi adalah metode tertua dan paling kompleks ekstraksi. Dengan proses ini, sekarang digunakan dalam memperoleh minyak dari kulit jeruk, buah atau tanaman secara manual atau mekanis ditekan sampai semua minyak diperas keluar.
Ini adalah rasio dari alkohol untuk aroma yang menentukan parfum, eau de toilette, dan cologne.
It is the ratio of alcohol to scent that determines perfume, eau de toilette, and cologne.
Ini adalah rasio dari alkohol untuk aroma yang menentukan parfum, eau de toilette, dan cologne.
Memadukan
* 7 Setelah minyak parfum dikumpulkan, mereka siap untuk dicampur bersama-sama menurut sebuah formula yang ditetapkan oleh master di lapangan, yang dikenal sebagai “hidung.” Mungkin diperlukan sebanyak 800 bahan yang berbeda dan beberapa tahun untuk mengembangkan formula khusus untuk bau.
Setelah aroma telah dibuat, dicampur dengan alkohol. Jumlah alkohol dalam aroma dapat sangat bervariasi. Kebanyakan parfum penuh terbuat dari sekitar 10-20% minyak parfum yang dilarutkan dalam alkohol dan jejak air. Cologne mengandung sekitar 3-5% minyak diencerkan dalam alkohol 80-90%, dengan air yang membentuk sekitar 10%. Air toilet memiliki jumlah minyak-2% setidaknya dalam alkohol 60-80% dan air 20%.
Penuaan
* 8 parfum Rupa sering berusia selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah itu rata. Setelah ini, sebuah “hidung” akan sekali lagi menguji parfum untuk memastikan bahwa aroma yang benar telah dicapai. Setiap minyak esensial dan parfum memiliki tiga catatan: “Catatan de tete,” atau catatan atas, “catatan de coeur,” pusat atau catatan jantung, dan “catatan de suka,” catatan dasar. Catatan atas memiliki bau tajam atau jeruk seperti; catatan pusat (bunga aromatik seperti mawar dan melati) memberikan tubuh, dan basis catatan (kayu wewangian) memberikan aroma abadi. More “catatan,” bau berbagai, mungkin lebih rata.
Quality Control
Karena parfum sangat bergantung pada panen dari zat tumbuhan dan ketersediaan produk hewani, wewangian sering dapat berubah berisiko. Ribuan bunga diperlukan untuk mendapatkan satu kilo minyak esensial, dan jika tanaman musim dihancurkan oleh penyakit atau cuaca buruk, perfumeries bisa dalam bahaya. Selain itu, konsistensi adalah keras untuk mempertahankan dalam minyak alami. Spesies yang sama tanaman dibesarkan di beberapa bidang yang berbeda dengan kondisi pertumbuhan yang sedikit berbeda mungkin tidak menghasilkan minyak dengan aroma yang sama persis.
Masalah juga ditemui dalam mengumpulkan minyak hewan alami. Banyak hewan yang pernah membunuh untuk nilai minyak mereka berada di daftar spesies terancam punah dan sekarang tidak bisa diburu. Misalnya, produk ikan paus sperma seperti ambergris telah dilarang sejak 1977. Juga, kebanyakan minyak hewan pada umumnya adalah sulit dan mahal untuk mengekstrak. Rusa musk harus datang dari rusa ditemukan di Tibet dan Cina, musang kucing, dibesarkan di Ethiopia, dipelihara untuk sekresi kelenjar lemak mereka; berang-berang dari Kanada dan Uni Soviet yang dipanen untuk kastor mereka.
Parfum sintetis telah memungkinkan kebebasan parfum lebih dan stabilitas dalam kerajinan mereka, meskipun bahan-bahan alami dianggap lebih diinginkan dalam parfum yang sangat terbaik. Penggunaan parfum sintetis dan minyak menghilangkan kebutuhan untuk mengekstrak minyak dari hewan dan menghilangkan resiko panen tanaman buruk, menghemat biaya banyak dan kehidupan banyak hewan.
Masa Depan
Parfum saat ini sedang dibuat dan digunakan dengan cara yang berbeda daripada di abad-abad sebelumnya. Parfum sedang diproduksi lebih banyak dan lebih sering dengan bahan kimia sintetik daripada minyak alami. Bentuk sedikit konsentrasi parfum juga menjadi semakin populer. Gabungan, faktor-faktor ini mengurangi biaya aroma, mendorong lebih luas dan sering, sering setiap hari, gunakan.
Menggunakan parfum untuk menyembuhkan, membuat orang merasa baik, dan meningkatkan hubungan antara jenis kelamin adalah batas baru yang dieksplorasi oleh industri. Indera penciuman dianggap sebagai aktivitas otak kanan, yang mengatur emosi, memori, dan kreativitas. Aromaterapi berbau minyak dan wewangian untuk menyembuhkan masalah fisik dan emosional-sedang dihidupkan kembali untuk membantu keseimbangan hormon dan energi tubuh. Teori di balik negara aromaterapi yang menggunakan minyak esensial membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika dihirup atau dioleskan. Mencium bau manis juga mempengaruhi suasana hati seseorang dan dapat digunakan sebagai bentuk psikoterapi.
Seperti aromaterapi, penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk mensintesis manusia parfum-yaitu, aroma tubuh kita menghasilkan untuk menarik atau menolak manusia lainnya. Manusia, seperti mamalia lainnya, melepaskan feromon untuk menarik lawan jenis. Parfum baru sedang dibuat untuk menduplikasi efek feromon dan merangsang reseptor gairah seksual di otak. Tidak hanya dapat parfum dari membantu orang masa depan menutupi “buruk” bau, mereka bisa meningkatkan fisik dan emosional kesejahteraan mereka serta kehidupan seks mereka.

3 komentar: